blank
Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito membuka Workshop SNARS Edisi I di Hotel Atria, SMNet.Com/dok

 

MAGELANG- Akreditasi rumah sakit kembali dilaksanakan tahun 2018 oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, penilaian akreditasi kali ini menggunakan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi I.

‘’Akreditasi dengan SNARS Edisi I ini merupakan penyempurnaan dari yang sebelumnya. Hampir sama, hanya disempurnakan saja. Untuk penyempurnaan di bagian mana saja,  saya juga belum tahu,’’ kata Ketua Asosiasi Rumah Sakit Daerah (Arsada) Jawa Tengah, Sri Harso, di sela pembukaan Workshop SNARS Edisi I, di Hotel Atria, Jumat (6/4).

Selama ini, lanjutnya, akreditasi rumah sakit  menggunakan standar akreditasi berdasarkan  tahun  berapa  standar  tersebut  mulai  dipergunakan  untuk penilaian.

SNARS Edisi 1, merupakan standar akreditasi baru yang bersifat nasional dan diberlakukan  secara  nasional di Indonesia tahun 2018.

‘’SNARS Edisi I ini sudah dilaunching oleh Menteri Kesehatan beberapa waktu lalu, dan seluruh rumah sakit harus menyesuaikan dengan standar yang baru tersebut. Karena itu kami menyelenggarakan workshop terkait hal tersebut,’’ tuturnya dokter spesialis syaraf.

Direktur RSUD Tidar Kota Magelang itu menerangkan, workshop dilaksanakan selama dua hari, yakni 5-6 April 2018 di Magelang, dengan jumlah peserta 470 orang dari seluruh rumah sakit di Jawa Tengah. Mereka terdiri  medis 149 orang, manajemen 84 orang dan perawat 137 orang.

‘’Harapan kami, melalui workshop ini semua rumah sakit nantinya bisa terakreditasi dan bisa melayani masyarakat dengan baik,’’ ujarnya.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengaku senang dan bangga karena Workshop SNARS Edisi I yang diikuti oleh rumah sakit se-Jawa Tengah berlangsung di Kota Magelang. ‘’Kebanggan saya karena kegiatan ini bisa diselenggarakan di Kota Magelang,’’ ungkap Sigit Widyonindito.

Menurutnya, dengan akreditasi nantinya yang diuntungkan adalah masyarakat. Mengingat, akreditasi yang baik akan berdampak pada pelayanan yang juga lebih baik dan meningkat. ‘’Keselamatan masyarakat juga terjamin,’’ tegasnya.

Sigit meminta, rumah sakit bisa melayani masyarakat dengan maksimal dan sebaik-baiknya. ‘’Layanan kesehatan untuk masyarakat itu sederhana kok. Cukup layani dengan senyum dan hati, maka mereka bisa senang dan cepat sembuh,’’ terangnya. (SMNet.Com/dh).