Bagikan
Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron melantik PPK dan PPS untuk Pemilu 2019, SMNet/dh

 

MAGELANG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang, melantik 9 orang panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan 51 orang panitia pemungutan suara (PPS) untuk Pemilu 2019. Kedua lembaga itu   tersebut juga merupakan panitia untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah tahun 2018.

‘’Untuk Pilgub, kami sudah melantik PPK dan PPS. Kemudian karena pelaksanaan beriringan, maka kewajiban kami juga melantik PPK dan PPS untuk Pemilu 2019,’’ kata Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amran, usai penetapan dan pelantikan di Gedung Wanita, beberapa hari lalu.

Menurutnya, sesuai regulasi jumlah PPK untuk Pilgub/Pilkada dan Pemilu berbeda. Yakni lima orang untuk Pilgub dan tiga orang untuk Pemilu. Atas dasar tersebut, KPU kemudian menetapkan dan melantik tiga dari lima PPK Pilgub untuk menjadi PPK Pemilu 2019.

‘’Ada sedikit kesulitan yang kami hadapi ketika harus memilih dari lima PPK yang sudah ada untuk Pilgub menjadi tiga untuk Pemilu 2019. Karena kelima PPK Pilgub adalah pilihan kami dan betul-betul bisa memback up tugas kami. Dengan banyak pertimbangan, kami akhirnya bisa menetapan tiga di antaranya sebagai anggota PPK Pemilu 2019,’’ terangnya.

Sedang untuk PPS, ditetapkan dan dilantik dari anggota PPS Pilgub yang sudah ada. ‘’Selanjutnya, kami akan terus melakukan evaluasi terhadap tugas dari PPK dan PPS. Karena tugas mereka ada dua,  yaitu Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Basmar juga mengharapkan agar para petugas bisa segera melaksanakan tugasnya dalam mewujudkan kedaulatan rakyat. ‘’Laksanakan tahapan-tahapan pemilu dengan baik, optimal dan semaksimal mungkin,’’ pintanya.

Staf Ahli Wali Kota Magelang, Joko Wahidin mengajak agar seluruh penyelenggara Pemilu bisa bekerjasama menjaga kondusifitas di tahun politik.

Selain itu, angka partisipasi masyarakat juga diharapkan bisa meningkat signifikan baik kuantitas maupun kualitasnya. Karena ini adalah cerminan sebagai warga negara yang baik.

Kepada PPK dan PPS, Joko meminta, laksanakan tugas dengan profesional, disiplin dan tanggung jawab. Koordinasi dengan instansi terkait dari awal hingga akhir proses, sehingga Pemilu berjalan sukses dan lancar. ‘’Patuhi segala peraturan perundang-undangan yang berlaku,’’ tandasnya. (SMNet/dh)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here