Bagikan
Son Heung-min/dok

LONDON – Tottenham Hotspur dalam posisi lebih baik saat menjamu Juventus dalam babak 16 besar leg kedua Liga Champions di Stadion Wembley, London, Kamis (8/3) dini hari WIB. Modal imbang 2-2 pada pertemuan di kandang Juve menjadi motivasi tersendiri bagi The Lilywhites. Keuntungan Spurs lain adalah semakin tajamnya Son Heung-min. Gelandang serang berkebangsaan Korsel itu mampu mengimbangi produktivitas striker Harry Kane.

Son sedang garang belakangan ini. Dia memborong gol kemenangan Si Lili Putih ketika mengatasi Huddersfield Town 2-0 pada lanjutan Liga Primer Inggris di Wembley, akhir pekan lalu. Dia begitu vital tatkala Spurs tampil di kandang. Gol-gol dan assist sering disumbangkannya. “Kami lapar, dan belum habis. Kami tidak takut, memainkan sepak bola kami, tetap percaya diri, dan menyerang seperti biasa main di kandang, ” ungkap Son. Dia mengaku Juve bukan lawan yang mudah. Namun, mantan pemain Bayer Leverkusen itu optimistis timnya mampu menembus perempat final.

Manajer Spurs Mauricio Pocehttino bakal menurunkan kekuatan penuh. Pelatih asal Argentina ini seperti biasa menyiapkan sepak bola menyerang melalui formasi 4-2-3-1. Kane diplot sebagai target man yang ditopang tiga gelandang serang, Son, Christian Eriksen dan Dele Alli. Eriksen akan menjadi kartu as melalui kemampuannya menusuk dan melepaskan umpan-umpan matang. ”Untuk survive, kami harus fokus pada diri sendiri,” tegas Pochettino.

Di kubu Bianconeri, pelatih Massimiliano Allegri kehilangan striker Gonzalo Higuain. Pencetak dua gol pada leg pertama itu kondisinya tidak fit. Namun, juara Italia ini mendapat kabar gembira dengan kembalinya gelandang serang lincah Paulo Dybala. Allegri memilih pola 4-3-3 daripada 4-2-3-1. Dybala ditempatkan sebagai sayap kanan. Sisi kiri diisi Douglas Costa. Sementara striker dipercayakan pada Mario Mandzukic.

Allegri meyakini timnya sanggup membukukan kemenangan sebagai syarat lolos ke perempat final. Kembalinya Dybala dinilai eks allenatore AC Milan itu sebagai hal yang sangat positif. ”Potensi Paulo tak usah diragukan. Lihat saja, dia langsung mencetak gol begitu comeback,” tutur Max, panggilan akrab Allegri. (sm/rr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here