Bagikan
Polres Magelang Kota menggelar lomba polisi cilik (Polcil) dan lomba polisi keamanan sekolah (PKS), SMNet/dh

 

 

MAGELANG-  Anak  merupakan generasi penerus bangsa yang harus sejak dini diberi pengertian tentang arti penting kedisiplinan dalam berkendara dan berlalu lintas. Ke depan mereka diharapkan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Terkait itu, Polres Magelang Kota terus melakukan upaya peningkatan kesadaran masyarakat dalam tertib berkendara dan berlalu lintas. Salah satunya menyasar  kepada anak-anak  melalui ajang lomba Polisi Cilik (Polcil) tingkat SD/sederajat dan Polisi Keamanan Sekolah (PKS) tingkat SMA/sederajat.

Bertempat di Atrium Artos Mall, beberapa hari lalu, sebanyak 16 tim turut dalam kompetisi Polcil. Sementara lomba PKS diikuti 8 tim.

Kapolres Magelang Kota, AKBP Kristanto Yoga Darmawan mengatakan, lomba ini baru pertama kali diadakan dengan tujuan edukasi kepada  masyarakat terkait kedisiplinan berkendara dan berlalu lintas. Utamanya untuk pelajar  yang selama ini banyak menjadi korban. Rata-rata anak di bawah umur menjadi korban kecelakaan lalu lintas.  Juga tidak sedikit yang merupakan pelaku.

‘’Melalui kompetisi ini diharapkan  tertanam jiwa sportivitas dan disiplin pada anak-anak. Muaranya pada etika sebagai pengguna jalan,” katanya didampingi Kasubag Humas, AKP Esti Wardiani.

Dengan adanya lomba ini, Kristanto berharap, setiap sekolah memiliki atau membentuk Polcil dan PKS yang sangat bermanfaat bagi sekolah bersangkutan. “Memang belum semua sekolah memiliki Polcil dan PKS. Ke depan, kami harap bisa membentuknya,” pintanya.

Kasatlantas Polres Magelang Kota, AKP Marwanto membenarkan, lomba ini memang baru diadakan pertama kali dan disiapkan untuk menghadapi lomba serupa di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Artinya, tim yang nanti juara berhak mewakili Polres Magelang Kota ke tingkat Polda Jateng.

‘’Sebelumnya  kami selalu menunjuk sekolah mana yang menjadi wakil di tingkat provinsi. Mulai tahun ini dikompetisikan,  sehingga lebih kompetitif.  Harapannya kualitas makin meningkat dari sebelum-sebelumnya,’’ harapnya.

Kompetisi ini, tambahnya,memperebutkan juara 1, 2, dan 3 dengan hadiah total Rp 2,5 juta baik untuk Polcil maupun PKS. Khusus untuk juara pertama Polcil memperebutkan Piala Bergilir Kapolres Magelang Kota, sedangkan juara pertama PKS memperebutkan Piala Bergilir Wali Kota Magelang.

‘’Selain Polcil dan PKS, kami juga adakan lomba foto dan video pendek yang memperebutkan juara 1, 2, dan 3 serta juara favorit,’’ tutur Marwanto didampingi Kaur Reg Ident, Iptu Anas Syarifudin. (SMNet/dh)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here