Bagikan
DIKONTRAK SETAHUN: Gelandang baru PSIS, Akhlidin Israilov (kiri), memamerkan draf kontrak berdurasi satu tahun bersama General Manager PSIS Wahyu Winarto. (dok)

SEMARANG – PSIS Semarang resmi menyudahi perburuan pemain asing untuk mengarungi Liga 1/2018, setelah merekrut gelandang asal Kirgistan, Akhlidin Israilov, Jumat (2/3). Akhlidin hanya butuh sembilan hari untuk mendapatkan kontrak berdurasi satu musim selepas merapat di Samarinda untuk membela Laskar Mahesa Jenar pada Piala Gubernur Kalimantan Timur, 22 Februari lalu.

Mantan pemain Neroca FC di Liga India musim lalu ini bermain 178 menit dalam tiga kali penampilan pada babak penyisihan grup. Pelatih PSIS Subangkit kali pertama menurunkan Akhlidin pada menit ke-62 saat menghadapi Arema FC (23/2). Pemain ini semakin dipercaya dalam partai kedua dan ketiga melawan Mitra Kukar (25/2) dan Pusamania Borneo FC (27/2). Khusus lawan Borneo FC, dia menjadi starter.

”Setelah pulang dari Samarinda, pelatih merekomendasikan Akhlidin untuk direkrut. Kami kemudian langsung melakukan tes kesehatan. Dengan hasil tes kesehatan yang bagus, dia lantas meneken kontrak,” tutur General Manager PSIS Wahyu ”Liluk” Winarto. ”Saya senang empat pemain asing yang kami butuhkan sudah komplet saat ini,” imbuhnya.

Masuknya Akhlidin membuat Pavel Purishkin (Uzbekistan), Kim Dong-hyeon (Korsel), Samuel Sibatuara (Australia), Kodai Yasuda dan Reo Nakamura (Jepang) terpental. Liluk menilai Akhlidin punya karakter pengatur serangan yang selama ini dibutuhkan tim. Dia menjadi pemain ke-28 yang dikontrak PSIS musim ini. Tinggal dua slot pemain lagi yang rencananya diisi pemain usia di bawah 23 tahun. Pemain asing lainnya adalah Ibrahim Conteh, Petar Planic, dan Bruno Silva.

Subangkit berharap kehadiran Akhlidin bisa meningkatkan kreativitas serangan. Sebab, permainan sayap PSIS selama ini mudah diantisipasi lawan. ”Kualitas dia bagus, tinggal adaptasi di lapangan saja,” ujar Subangkit. (smn/rr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here