Bagikan
Roberto Firmino/dok

LIVERPOOL – Roberto ”Bobby” Firmino, striker Liverpool, dinilai memegang peran dominan dalam strategi gegenpressing racikan manajer Juergen Klopp. Sang Pejuang, julukan Firmino, dikenal piawai merebut bola di daerah permainan lawan. Penyerang asal Brasil itu tampil terampil dengan mengemas 22 gol di semua kompetisi plus mencetak 12 assist.

Performa Bobby musim ini kian spesial, karena dia aktif membantu barisan pertahanan. Dia membuat 36 tekel sukses, 14 intersep, dan 29 duel di udara. Pengakuan kehebatannya dilontarkan Klopp dan rekan setimnya, Alex Oxlade-Chamberlain. “Bobby adalah salah satu yang terbaik soal memenangi bola kembali di lini depan. Dia bisa melakukan pressing dari titik yang tak disangka sehingga lawan tak tahu dia akan datang dan berhasil merebut bola kembali,” ungkap Klopp.

Chamberlain menyebut Bobby senagai false nine yang mau mundur, mendatangi bola, dan membuka ruang bagi Mohamed Salah dan Sadio Mane untuk berlari. Trio lini depan itu bekerja sangat baik dan tajam. Menghadapi Newcastle United dalam laga ke-29 Liga Primer Inggris di Anfield, Minggu (4/3) dini hari WIB, The Reds dituntut sabar. Pasalnya, tim tamu siap menumpuk pemain di kotak penalti.

Strategi ”parkir bus” dan pressing tinggi menjadi pilihan logis The Toon Army. Manajer Newcastle Rafael Benitez akan menyiapkan skema defensif 5-4-1 untuk meredam agresivitas Si Merah. Cara itu dianggap paling efektif. Sebab, jika melayani permainan terbuka, The Magpies bakal habis. (smn/rr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here