blank
Thomas Mueller/dok

MUNICH – Bayern Munich meraih hasil mulus yang berbuah rekor internal pada babak 16 besar leg pertama Liga Champions. Die Roten memukul Besiktas 5-0 di Allianz Arena, Munich, Rabu (21/2) dini hari WIB. Tim tamu tampil dengan 10 pemain sejak menit ke-16 setelah Domagoj Vida diganjar kartu merah. Besiktas lantas tak berdaya dan diberondong lima gol. Thomas Mueller dan Robert Lewandowski sama-sama menyumbang dua gol. Satu gol lain dihasilkan Kingsley Coman.

Kemenangan telak itu membuat Si Merah menaruh satu kaki di perempat final. Klub kaya raya Bavaria tersebut juga melanjutkan rentetan kemenangan di seluruh ajang. Ini menjadi kemenangan beruntun ke-14 di semua kompetisi bagi Bayern sejak kalah 1-2 dari Borussia Monchengladbach pada akhir November 2017. Jumlah itu menyamai rentetan terpanjang Die Roten sebelumnya yang ditorehkan pada 1980. Sukses ini dipengaruhi pula oleh kartu merah untuk pasukan tamu. Pada babak pertama performa Thomas Mueller dan kawan-kawan memang kurang memuaskan.

Hingga 45 menit pertama tuntas Bayern hanya unggul 1-0. Selepas turun minum, permainan skuad tuan rumah semakin agresif yang menghasilkan empat gol tambahan. “Kartu merah untuk lawan memang membantu, sekalipun kami tak bisa mengambil keuntungan pada paruh pertama. Kami kurang agresif,” ujar Mueller. Mueller senang dengan permainan timnya pada 45 menit kedua. Mereka lebih berani dan terus menekan.

“Pelatih meminta kami lebih agresif pada babak kedua, dan itu yang memberi perbedaan,” jelas winger veteran Arjen Robben. Kendati punya modal sangat bagus, Pelatih Bayern Jupp Heynckes meminta timnya selalu waspada. Tetap fokus dan kembali meraih hasil positif jadi target sang juru taktik. ”Saya sungguh gembira, karena kami menang dengan sangat nyaman melawan sebuah tim yang solid. Kami akan bersiap seperti biasanya untuk pertemuan kedua nanti,” kata Heynckes. (smn/rr)