Bagikan
Ketua Kwarcab Pramuka Kota Magelang Sumartono ketika membuka Gladi Widya Cakra Tidar Giri, SMNet/dh

MAGELANG- Kwartir Cabang Pramuka Kota Magelang menyelenggarakan Gladi Widya Cakra Tidar Giri yang berlangsung di SMA Negeri 5. Kegiatan yang diikuti 10 pangkalan putra dan 10 pangkalan putrid dibuka Ketua Kwarcab Pramuka setempat, Sumartono, kemarin.

Dia menerangkan, Gladi Widya Cakra Tidar Giri merupakan wahana pertemuan Pramuka Penegak se Kwartir Cabang Kota Magelang dalam rangka untuk melakukan evaluasi pendidikan kepramukaan.

Selain itu, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas kepramukaan di lingkungan kwarcab. Kegiatannya antara lain lomba cerdas cermat, ngadi saliro, new presenter, scoting skill dan lainnya.

Sedang tujuan kegiatan ini, untuk memberikan wawasan dan pengalaman kepada anggota Pramuka Penegak dalam hal ketrampilan serta pengembangan teknik kepramukaan. Kemudian tumbuhnya para kader bangsa yang tangguh, cerdas dan berakhlakul karimah, serta mempunyai rasa kepedulian yang tinggi terhadap kehidupan masyarakat. ‘’Juga untuk mempererat tali silaturrahmi antarPramuka Penegak dan mengevaluasi hasil pembinaan,’’ ujar Sumartono yang juga menjabat Asisten Wali Kota Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra.

Dia menambahkan, Gladi Widya Cakra Tidar Giri juga diikuti Gudep Pramuka Ponpes Tidar Dudan, Kelurahan Tidar Selatan. Gudep di ponpes diresmikan pada 2 Februari 2018, dan ini merupakan gudep ponpes pertama di Kota Magelang. Diharapkan akan menjadi contoh bagi ponpes-ponpes lainnya.

Menurutnya, gerakan pramuka adalah gerakan pendidikan karakter termasuk yang diutamakan adalah pendidikan budi pekerti. Karena merupakan hal penting yang harus terus-menerus diberikan kepada generasi penerus.

Sejalan dengan itu,  sebagaimana tercantum dalam Kurikulum-13 (K-13) yang saat ini berlaku dalam sistem pendidikan nasional sejak 2013, maka kepramukaan dimasukkan sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah-sekolah. Termasuk sekolah-sekolah berbasis keagamaan, seperti pondok pesantren dan madrasah.

Hasil dari Gladi Widya Cakra Tidar Giri juara umum putra dan putri diraih SMA Negeri 1 Magelang. Keduanya berhak mewakili Kota Magelang ke tingkat Kwartir Daerah Jateng yang akan dilaksanakan pada 1-5 Mei 2018 di Bumi Perkemahan Chandra Birawa Karanggeneng, Gunung Pati Semarang, SMNet/dh

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here