blank
Jandia Eka Putra/dok

SEMARANG – PSIS Semarang mengakhiri perburuan kiper menyusul kesepakatan kontrak dengan Jandia Eka Putra, Rabu (14/2). Penjaga gawang asal Padang itu telah bergabung dalam latihan sejak Jumat (9/2). Pelatih PSIS Subangkit hanya butuh dua hari untukĀ  menyeleksi pemain berusia 30 tahun tersebut.

Penampilannya selama 83 menit dalam uji coba melawan Persiba Balikpapan sehari berselang, memikat hati Subangkit. “Jandia sudah sepakat bergabung dan akan mengarungi kompetisi Liga 1/2018 bersama PSIS. Di sektor penjaga gawang kini sudah lengkap. Selain Jandia, ada Ferdiansyah, Aji Bayu, dan Sendri Johansah yang sebelumnya telah merapat,” kata General Manager PSIS Wahyu ”Liluk” Winarto.

Jandia sebelumnya membela klub Liga 1 yang tahun lalu terdegradasi ke Liga 2, Semen Padang. Di tim berjuluk Kabau Sirah, pemain yang punya ciri khas dengan rambut dikuncir ini bermain dalam 22 pertandingan di Liga 1/2017. Jandia kali terakhir bermain pada pekan ke-31 Liga 1 saat Semen Padang bertandang ke markas Persija Jakarta, 22 Oktober tahun lalu.

Pelatih Kiper PSIS Budi Cipto memastikan Jandia dalam keadaan prima. “Jandia saat latihan punya tumpuan yang kuat setelah melompat. Dia juga paling kuat dalam latihan skot jump. Masuknya dia membuat kami memiliki dua kiper berpengalaman dan dua kiper muda. Semoga kiper-kiper senior ini bisa menjadi sosok yang bisa menambah mental dua kiper muda kami,” ujar Budi Cipto.

Jandia menjadi pemain ke-26 yang dikontrak PSIS. Saat ini Laskar Mahesa Jenar masih menyisakan dua pemain seleksi yang terus dipantau, yakni mantan bek kiri PS TNI Yus Arfandi dan striker asing asal Brasil, Bruno Silva. Nama terakhir dalam latihan Rabu (14/2) tidak terlihat di lapangan karena mengalami gangguan pencernaan.

Menurut Subangkit, mantan pemain klub Manama di Liga Bahrain itu tidak makan malam. Kondisi tersebut membuat Bruno tidak fit dan tak diikutkan dalam latihan. ”Bruno mungkin belum terbiasa makan masakan lokal. Dia juga harus adaptasi dalam hal ini. Semalam tidak makan mungkin karena ditinggal dua pemain asing lain, Petar Planic dan Conteh yang ikut menghadiri acara sponsor bersama manajemen,” ungkap Subangkit. (smn/rr)