blank
Kepala Satpol PP Singgih Indri Pranggana (tengah) bersama tropi dan piagam penghargaan yang diterimanya. SMNet/dh

MAGELANG- Kota Magelang meraih juara I lomba KST tingkat Jawa Tengah tahun 2018. Prestasi ini mengalahkan 35 kabupaten dan kota se provinsi tersebut yang juga mengajukan perwakilan KST terbaik.

Kepala Satpol PP Singgih Indri Pranggana mengatakan, pada lomba KST tahun ini  Kota Magelang diwakili Kelurahan Magersari. ‘’Setiap tahun saya  menunjuk KST bergantian dari kelurahan-kelurahan di Kota Magelang. Kebetulan tahun ini yang ditunjuk Kelurahan Magersari,’’ katanya kemarin.

Pada lomba tahun ini, tim KST Kelurahan Magersari terdiri atas tujuh orang, lebih dulu mengikuti tahapan penilaian. Tim penilai dari Jateng datang  ke Kelurahan Magersari pada 18 Januari 2018 untuk  melakukan penilaian terhadap beberapa hal. Yang dinilai antara lain kegiatan administrasi, keterlibatan semua pihak dengan KST dan tugas-tugas KST.

Setelah dilakukan penilaian KST Kelurahan Magersari dinyatakan sebagai juara I. ‘’Piala dan penghargaan diserahkan saat apel gelar pasukan Satpol PP di Banyumas beberapa waktu lalu,’’ ungkap Singgih.

Keberadaan KST di kota ini berdasarkan Keputusan Wali Kota Magelang Nomor 300/65/112 Tahun 2015 tentang Kader Siaga Trantib (KST).  ‘’Sesuai surat keputusan tersebut, tugas KST adalah membantu Satpol PP mendeteksi dini permasalahan gangguan di lingkungan masyarakat. Mencegah dan melaporkan kondisi keamanan dan ketertiban lingkungan.’’ tegas Singgih.

Sekretaris Satpol PP, Retno Rini menambahkan, tiap kelurahan memiliki KST yang terbentuk serentak pada tahun 2015. KST setiap tahun juga dilombakan di tingkat provinsi.

Dia menerangkan, Kelurahan Magersari yang tahun ini memenangi lomba KST memiliki keunggulan. Di antaranya aktif, kompak dan sangat membantu kegiatan Satpol PP. Dengan prestasi yang diraih tersebut, Satpol PP selanjutnya akan tetap menjalin kerjasama dan mengoptimalkan peran KST.

‘’Untuk KST belum meraih prestasi, diharapkan bisa terus meningkatkan kinerjanya. Kami juga akan terus melakukan motivasi dan mendorong melalui kader-kader yang ada,’’ ujarnya.

Sekretaris KST Kelurahan Magersari, Endang Winarti mejelaskan,  pihaknya tidak menyangka dapat meraih juara I lomba KST Jateng. ‘’Selama ini kami hanya berusaha melakukan kegiatan dengan semaksimal mungkin, terutama dalam membantu Satpol PP memantau kondisi keamanan dan ketertiban (trantib) lingkungan. Caranya dengan pencegahan dini, lapor dini dan bergerak secara cepat,’’ jelasnya.

Kegiatan rutin yang selama ini dilakukan KST Kelurahan Magersari antara lain sambang ndalu, keliling/ronda ke RW, sidak kos-kosan, bantu masyarakat tertibkan pelanggaran, sosialisasi perda, tangani masalah yang dilaporkan masyarakat dan pencerahan kepada  masyarakat yang bermasalah. (SMNet/dh)