blank
BERI JERSEY: Direktur Umum PSIS Kairul Anwar (dua dari kiri) memberikan jersey kandang Laskar Mahesa Jenar kepada Head of Consumer Engagement PT Indofood Sukses Makmur Fierman Authar di MG Setos Hotel Semarang, Minggu (11/2).

SEMARANG – Pendanaan PSIS Semarang semakin kuat untuk mengarungi kompetisi Liga 1/2018, setelah manajemen klub melakukan kerja sama dengan PT Indofood Sukses Makmur sebagai sponsor utama lewat produknya, Indomie. Penandatangan kerja sama itu dilakukan di MG Setos Hotel Semarang, Minggu (11/2). Indomie Tbk menjadi sponsor kedua menyusul Kuku Bima Energi dari Sido Muncul pada Januari lalu. Bedanya, logo Indomie akan terpampang di bagian depan jersey Laskar Mahesa Jenar. Adapun Kuku Bima Energi memasang logo di bagian punggung, tepatnya di atas nomor punggung pemain.

”Mewakili keluarga besar PSIS, saya mengucapkan terima kasih kepada Indomie atas dukungannya menjadi sponsor utama kami pada 2018. Dukungan dari Indomie ini kian menguatkan kemampuan keuangan PSIS dalam mengarungi Liga 1,” ujar CEO PSIS Alamsyah Satyanegara Sukawijaya (Yoyok Sukawi). Indofood selain membawa merek Indomie juga akan memperkenalkan produk lain dalam hal partnership di bidang food and beverage kepada pemain dan suporter. Beberapa kegiatan off air bakal dirancang seperti meet and greet supporter dengan pemain hingga PSIS goes to campus atau PSIS goes to school.

Direktur Umum PSIS Kairul Anwar menambahkan, kontrak kerja sama ini dilakukan untuk periode satu tahun kompetisi dengan ditandai penyerahan jersey PSIS kepada perwakilan Indofood di MG Setos Hotel. Bukan tak mungkin musim depan kerja sama serupa kembali dijajaki. ”Kebutuhan pendanaan PSIS untuk mengikuti kompetisi Liga 1 bukan hanya dari tiket, hak siar televisi, modal pemegang saham dan penjualan jersey, melainkan juga datang dari sponsor. Kami sangat senang dengan kerja sama yang sudah kami lakukan dengan beberapa perusahaan, khususnya Indofood yang mau menjadi sponsor utama,” tutur Kairul.

Terkait nominal kerja sama yang disepakati baik PSIS maupun Indofood enggan membeberkan. Disebut-sebut sponsor yang masuk ke PSIS tahun ini termasuk Indomie sudah memecahkan rekor pendapatan sponsor di Liga 2/2017. ”Akan ada lagi sponsor yang masuk. Kami siap memanfaatkan ruang di jersey untuk perusahaan lain,” jelas Kairul.

Head of Consumer Engagement PT Indofood Sukses Makmur Tbk Fierman Authar menyatakan total enam klub yang akan digandeng produk Indomie untuk mengarungi Liga Indonesia. Mereka adalah PSIS, Bali United, Persib Bandung, PSMS Medan, dan Arema FC. Satu klub lain dari Liga 2, yakni PSS Sleman. ”Sepak bola menjadi olahraga yang digemari banyak orang terutama para pemuda. PSIS merupakan klub yang memiliki banyak suporter. Kerja sama ini akan kami awali dengan satu tahun kompetisi. Ke depan, kerja sama bisa berlaku untuk jangka panjang. Ini akan kami lihat setelah evaluasi pada tahun pertama,” ungkap Fierman.

Indomie saat ini juga tengah mengarahkan konsentrasi pada dukungan pembinaan atlet usia muda, khususnya di sepak bola. Tim PSIS U-19 yang dilatih M Ridwan disiapkan mendapat dukungan dengan adanya kerja sama yang dilakukan tim senior. ”Kami sangat senang bisa menjadi bagian dari PSIS. Kami juga antusias untuk menggandeng PSIS U-19 dalam hal dukungan pembinaan pemain. Kami juga bakal merangkul suporter Panser Biru dan Snex dalam beberapa kegiatan,” tandas Fierman. (smn/rr)