blank
Rodrigo/dok

VALENCIA – Marcelino Garcia Toral, pelatih Valencia, menghadapi misi untuk membalikkan keadaan saat menjamu Barcelona pada semifinal leg kedua Copa del Rey di Stadion Mestalla, Jumat (9/2) dini hari WIB. Pada pertemuan pertama di Camp Nou, Los Che kalah 0-1. Marcelino menyatakan amat sulit untuk menaklukkan Barca. La Blaugrana disebutnya sebagai tim tangguh yang memiliki kekuatan komplet di semua lini.

”Keuntungan kami adalah sebagai tuan rumah. Semoga dukungan suporter akan menjadikan mereka pemain ke-12,” ujar Marcelino. Si Kelelawar memulai musim ini dengan baik. Namun, belakangan ini konsistensi Daniel Parejo dan kawan-kawan menurun. Badai cedera membuat ketangguhan Valencia terkikis.

Marcelino menyiapkan formasi 4-4-2 untuk meladeni gaya khas tiki-taka Barca. Di lini depan, harapan gol ditumpukan pada duet Santi Mina dan Rodrigo. Nama yang disebut terakhir itu sering tampil mengejutkan di kandang sendiri. Peluang Los Che memang belum tertutup. Namun, dibutukan kerja ekstra untuk menembus gawang Los Cules.

Di kubu Barca, pelatih Ernesto Valverde bakal menurunkan full team. Barisan penggempur mengandalkan ketajaman duo Lionel Messi dan Luis Suarez. Tombak kembar ini semakin kompak sejak kepergian Neymar Junior. Valverde akan mengedepankan Andres Iniesta. Dengan begitu, Philippe Coutinho harus menghuni bangku cadangan dulu. Coutinho mengaku siap menerima dimainkan di posisi mana pun.

Eks bintang Liverpool itu telah empat kali membela Los Azulgrana. Dia dimainkan dalam posisi yang berbeda. Coutinho tiga kali diturunkan sebagai sayap kanan. Satu laga lain di posisi aslinya, sayap kiri. Pemain asal Brasil tersebut belum memberikan kontribusi baik gol maupun assist.

“Saya akan bermain di mana pun yang diminta pelatih. Semua sangat berbeda di Barcelona. Meski saya lebih suka bermain di sisi kiri, saya siap beradaptasi di posisi mana pun,” ungkap Coutinho. Dia bertekad memenangi kejuaraan besar bersama klub Catalan. Itu merupakan alasannya meninggalkan Anfield. “Saya ingin menjadi juara sebanyak yang saya bisa. Saya tidak mempunyai preferensi,” tegasnya. (smn/rr)