blank
Gerard Pique/dok

BARCELONA – Keputusan manajemen Barcelona mengontrak Ernesto Valverde sebagai pelatih baru terbukti tepat. Skuad arahan Valverde menciptakan rekor start tak terkalahkan terpanjang di La Liga selepas bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Espanyol di Cornella El-Prat, Minggu (4/2). Kondisi lapangan yang basah akibat guyuran hujan membuat Barca kesulitan mengalirkan bola. Espanyol unggul berkat sundulan striker Gerard Moreno pada menit ke-66. La Blaugrana baru bisa membalas delapan menit menjelang bubaran.

Kini, klub Catalan belum terkalahkan dalam 22 pertandingan La Liga musim 2017-2018. Los Cules besutan Valverde melampaui rekor sebelumnya yang dicetak Pep Guardiola pada musim 2009-2010. “Kami tak mampu meraih tiga angka, karena kondisi lapangan yang sulit. Ini adalah derby yang menghibur,” kata kapten Barca Andres Iniesta. Kendati hanya menambah satu poin, Los Azulgrana tetap memimpin klasemen. Iniesta dan kawan-kawan unggul 12 angka di depan Atletico Madrid.

Valverde menyatakan bersyukur dengan hasil imbang di kandang Espanyol. Dia menyebut lapangan becek memaksa timnya memainkan bola panjang. Dalam situasi tertinggal, Barca mengubah gaya main. Klub Catalan tak lagi mengandalkan umpan terobosan dan operan pendek mendatar yang menjadi ciri khas mereka.

Pelatih penerus Luis Enrique itu menginstruksikan skuadnya untuk lebih sering melakukan umpan lambung. Hal itu dilakukan lantaran sebagian lapangan tergenang air. “Kami berjuang dengan baik, dan harus mengubah cara bermain karena keadaan. Gara-gara hujan, semua berjalan berlawanan dengan kehendak kami,” ungkap Valverde.

Pada laga ini Barca melepaskan satu umpan terobosan dan 66 operan panjang. Catatan umpan terobosan itu menurun dibanding dengan tiga partai terakhir mereka di La Liga. Sebaliknya, jumlah umpan panjang Los Cules pada partai ini meningkat dibandingkan tiga pertandingan terdahulu. Lapangan yang berat memang menyulitkan tim seperti Barca. Namun, upaya Iniesta cs pantas diberi apresiasi. (smn/rr)